Sunday, January 3, 2010

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI | Top 10 Tren Teknologi Terbesar tahun 2009 (2)


Melanjutkan postingan sebelumnya Top 10 tren teknologi terbesar tahun 2009 yang baru saya posting 5 tren teknologi, maka ini lah kelanjutannya;

6. Aplikasi Mania
Tahun 2009 adalah babak baru dunia ponsel yang aneh, berbagai macam ponsel telah berubah fungsi dari fungsi utamanya. Kemudahan dalam komunikasi hanya menjadi fitur tambahan. Fitur utama justru terletak pada penambahan-penambahan aplikasi yang ada di dalamnya.
Banyak sekali kita bisa temukan ponsel-ponsel yang berfungsi utama untuk download berbagai aplikasi game sehingga disebut game selular atau juga ponsel yang seolah memiliki fitur utama entertainment ketimbang komunikasi sehingga disebut ponsel multimedia baik untuk download music ataupun fitur utamanya pada kemampuan foto.

September 2009 di amerika sendiri tercatat, 2 milyar aplikasi yang didownload untuk instalasi pada telepon selular. Ini belum diindonesia dimana masyarakatnya memiliki kecenderungan consumer dan gila teknologi baru.

7. Mobile Games
Jikalau tahun 2008 adalah tren home gamer, maen game hanya bisa dilakukan dilakukan di rumah menggunakan TV seperti Playstation, atau video game. Tapi di tahun 2009 game bisa dilakukan secara mobil dan social.

Meskipun teknologi Xbox atau Wii atau PSP juga berkembang di tahun 2009 ini, tapi jauh yang lebih ngetren adalah game-game virtual seperti game mananam sayuran secara virtual “game FarmVille” atau Mafia Wars yang sukses membuat masyarakat kecanduan melalui situs jaringan social Facebook. iPhone dan teknlogi sejenisnya, iPod Touch juga popular sebagai mobile gaming platforms di tahun 2009 kemarin.

8. Government gets techie
Amerika yang teknologinya kita ketahui sangat maju, masih berusaha keras untuk mewujudkan real e-government (hohoho bagaimana dengan indonesia yah). Tahun 2009 di Amerika Presiden Barrack Obama berupaya meningkatkan reputasi birokrasi melalui pemanfaatan teknologi yang memadai. Dengan melaunching DATA.gov di bidang administrasi. Pusat informasi yang secure untuk mengetahui bagaimana instansi pemerintah bekerja, bagaimana penggunaan pajak. Juga perhatian teknologi untuk kesehatan seperti digital medical record warga amerika. Online meeting (teleconverence), model komputasi yang efisien, outsorcing media penyimpanan data bahkan proses file pemerintah oleh perusahaan pemrosesan data seperti Google.

9. Perang Search engine
Sampai sekarang google masih mendominasi search engine di dunia. Walaupun demikian di tahun 2009 google telah memiliki banyak saingan yang muncul dengan ide-ide baru bagaimana orang-orang bisa memperoleh informasi secara online dengan mudah dan akurat..

Contohnya oddball search engine yang dengan teknologi Wolfram-Alpha membuat sebuah berita yang menghebohkan meluncurkan tool search engine dengan yang di klaim sama bahkan lebih hebat dari google. Kemudian search engine Groovle.com yang hingga kini masih ribut dengan google karena dinyatakan sebagai search engine jiplakan google karena memiliki tampilan sama dengan google bahkan groovle juga memiliki kelebihan dimana user bisa mengkoostumasi homepagenya sesuai keinginan user.

Dunia search engine juga dimarakkan dengan Produk Microsoft yang mengeluarkan search engine Microsoft’s Bing. Bing memperkenalakn cara baru sharing photo secara online dan produk-produk yang dibutuhkan user. Bing telah merebut hati pasar search engine hingga 10% di tahun perdana debutnya hingga akhir 2009.

10. Penggunaan alat elektronik yang canggih
Mudahnya kalau di Indonesia kita sering melihat berbagai macam iklan peralatan elektronik dengan harga yang mahal-mahal (maaf saya tidak menyebutkan contoh merk) yah pokoknya yang harganya ada 999 gitu deh di belakangnya. Misalnya teknologi tenaga surya, juice otomatis, technology monitor yang hemat daya dan lain-lain sebagainya.

Di Indonesia saja sudah marak bagaimana di Negara amerika (hohoho).

Semoga menambah pengetahuan kita. Selesai deh utang saya

Artikel Terkait



1 komentar:

mufied on January 3, 2010 at 1:46 PM said... [Reply]

baru lengkap infonya sobb !!!


kerennn !!!!!

Post a Comment

yth. pengunjung Blog Bisnis Online. Untuk Menjalin Silaturahmi, Setelah membaca mohon berkenan memberikan komentar disini atau sekedar ucapan terimakasih saja. 1 komentar maka 2 link untuk anda.

Chat Room

Ilpeng.com Lovers

 

BISNIS ONLINE | BLOG BISNIS ONLINE. Blog ini Copyright 2009 Knowledge Sharing by Sandhioke Converted into Blogger Template