Tuesday, December 8, 2009

TUTORIAL KOMPUTER | Tips Mudah dan Cepat Setting Google Public DNS


Menggunakan Google Public DNS, artinya sobat mengubah DNS operator internet dari ISP yang sobat gunakan menjadi DNS public milik google. Pada umumnya, IP addres yang digunakan DNS server ISP sobat secara otomatis telah diatur oleh ISP langganan sobat melalui Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP).

Untuk menggunakan Google Public DNS, sobat harus melakukan perubahan setting DNS pada operating system yang sebelumnya diatur oleh ISP langganan sobat, menjadi IP addres Google Public DNS. Prosedur untuk merubah settingan DNS bervariasi sesuai dengan OS dan versi yang digunakan (Windows, Linux, Mac) atau device yang berbeda (computer, phone, or router). Namun demikian setting yang dilakukan sangat cepat dan mudah. Melalui postingan ini, saya akan jelaskan step by step konfigurasi Google Public DNS.

Peringatan Penting : Sebelum merubah settingan DNS sobat, sebaiknya catat di kertas DNS yang sobat gunakan sebelumnya untuk backup jika suatu saat sobat ingin menggunakan kembali.

Berikut ini IP addres Google Public DNS;
  • 8.8.8.8
  • 8.8.4.4
Sobat bisa menggunakan IP addres di atas sebagai primary or secondary DNS server. Tapi jangan menggunakan satu IP addres sebagai primary or secondary DNS server.

# Tips merubah setting DNS server pada Microsoft Windows XP #

1. Klik start lalu klik Control Panel.
2. Klik Network and Internet connection, lalu klik Network connection, hasilnya akan seperti ini;




3. Pilih jenis koneksi apa yang akan dirubah DNS nya ke Google Public DNS, misalnya saya akan merubah koneksi XL GPRS 3G saya. Maka klik kanan, lalu klik properties seperti gambar diatas. Kemudian akan muncul;



Catatan ; untuk koneksi Local Area Network maupun Koneksi Wireless yang lain juga menggunakan cara yang sama.

4. Selanjutnya sesuai gambar diatas, klik tab “networking”, lalu klik “Internet Protocol (TCP/IP)”, lalu klik “properties”. Kemudian akan muncul seperti ini;




5. Klik “Use The following server addres”, lalu isikan preferred DNS server dengan 8.8.8.8. dan isikan alternate DNS server dengan 8.8.4.4. seperti ini :



Ingat : Jika sebelumnya Preferred DNS server atau Alternate DNS server ada isinya, maka catat terlebih dahulu di kertas untuk dikemudian hari jika sobat ingin menggunakan lagi.

6. Selanjutnya klik oke, dan restart koneksi sobat

7. Rasakan bedanya, jika tidak lebih cepat dari koneksi sobat sebelumnya sebaiknya gunakan DNS yang lama yang sudah sobat catat di kertas.

8.Google Public DNS digunakan untuk mempercepat sobat dalam melakukan browsing sebagaimana postingan saya sebelumnya tentang Google Public DNS, tidak untuk mempercepat kemampuan download.

9. selesai.

Semoga Bermanfaat

Artikel Terkait



1 komentar:

samsul on August 14, 2012 at 1:18 PM said... [Reply]

makasih atas infonya sob

Post a Comment

yth. pengunjung Blog Bisnis Online. Untuk Menjalin Silaturahmi, Setelah membaca mohon berkenan memberikan komentar disini atau sekedar ucapan terimakasih saja. 1 komentar maka 2 link untuk anda.

Chat Room

Ilpeng.com Lovers

 

BISNIS ONLINE | BLOG BISNIS ONLINE. Blog ini Copyright 2009 Knowledge Sharing by Sandhioke Converted into Blogger Template