Thursday, December 3, 2009

TUTORIAL BLOG | Trik Mudah Mengambil Gambar Secara Online maupun Offline


Dalam trik ini kita akan menggunakan software Screenshoot Studio versi 1.9.77. Kenapa menggunakan Screenshoot Studio? Karena beberapa alasan sebagai berikut :
  • Screenshoot sangat mudah dioperasikan dan cepat! Bukankah “lebih cepat lebih baik..”
  • All-in-one Tool: create, edit, save dan load screenshots pada satu tempat dan hanya beberapa klik
  • Bisa grab apa saja dari standard, Direct3D dan OpenGL modes dan beberapa fasilitas videoplayers are also supported
  • Powerful Annotation System
  • Format output PNG, JPEG, BMP, HTML, MHT, ZIP
  • Native File Format sehingga memudahkan kita untuk memodifikasi hasil capture
  • Fast and Free Publication Engine (Gratis!)
Trik menggunakan software ini, ikuti langkah-langkah mudah berikut ini :
# Langkah pertama# Download Screenshoot Studio versi 1.9.77

Sebelum mulai trik nya tentunya sobat perlu softwarenya donk, silakan download filenya secara gratis klik disini. Lalu sobat akan menemukan halaman seperti ini:


Perhatikan kolom quick links lalu klik “download Screenshot Studio v.1.9.77 (944 KB). Tunggulah sesaat (lama download jelas tergantung besar bandwith koneksi internet yang sobat gunakan). Setelah proses download selesai hasilnya akan seperti ini:


# Langkah kedua # Instalasi Softwere

Selanjutnya sobat harus melakukan instalasi file screenshoot studio yang sudah sobat download, caranya sebagai berikut: extract file di atas dengan klik 2x kemudian akan muncul jendela setup instalasi klik next, lalu klik instal :


Setelah instalasi complete klik “close”.
Jika instalasi sukses, sobat akan menemui jendela berikut : Klik “Don’t show this message again” lalu klik “continue”. Tujuannya adalah agal jendela seperti ini tidak keluar lagi.


Perhatikan selanjutnya layar computer sobat akan selalu ada tanda logo screenshoot di sebelah kanan atas berupa huruf “S”. Arahkan cursor ke logo tersebut akan muncul toolbar yang terdiri atas;

  • Show editor jika sobat klik sobat akan diarahkan pada ruang editor screenshoot beserta target gambar yang akan di capture (“capture apa yah bhs indonesia bakunya? Pokoknya gitu deh pasti sobat ngerti).
  • Capure whole screen jika sobat klik maka akan mengcapture seluruh layar yang sedang sobat buka atau yang aktif saat itu
  • Capture window jika sobat klik maka akan muncul area capture yang bisa diperbesar dan diperkecil untuk pengambilan gambarnya
  • Capture region jika sobat klik maka akan muncul area capture yang bisa sobat atur sesukanya, ada 2 pilihan yaitu rectangal untuk seleksi area berbentu persegi atau elipse untuk seleksi area capture berbentuk oval
  • Option jika di klik maka sobat akan memasuki jendela general setting tidak terlalu penting
  • Exit jika di klik sobat akan keluar dari program screenshoot

# Langkah ketiga# Teknik Menggunakan Screenshoot Studio

Langkah ini sangat mudah sobat, perhatikan contoh berikut ini:
Buka blog http://sandhi-oke.co.cc kemudian arahkan cursor pada logo screenshoot di sebelah kanan atas berupa huruf “S”, maka akan muncul toolbar screenshoot, lalu klik “capture region” dan pilih seleksi area “ellipse” dan seleksi area dan klik “capture”, lalu akan memasuki jendela editor seperti ini:


Di atas menu editor terdapat beberapa tool standar yang pasti sobat sudah paham untuk mengedit gambar yang telah kita capture, yaitu uplod untuk upload ke web, save untuk menyimpan data dan seterusnya. Terdapat juga menu text untuk sisipka text atau tool image dan seterusnya silakan sobat eksplore sendiri pasti sangat mudah.

# Langkah keempat # Menampilkan Output

Jika sobat sudah merasa sudah puas dengan editing sobat, maka klik tombol save maka akan muncul jendela berikut ;





Lalu sobat klik “save image to folder” tujuannya untuk menentukan di folder mana file hasil capture gambar akan sobat simpan. Pada gambar di atas saya pilih simpan di folder desktop. Kemudian klik save. Lalu buka folder tujuan penyimpanan tadi. Hasilnya akan seperti ini (hasil gambar tidak saya edit biar cepet kelar neh, trik nya kepanjangan y..).


Selesai deh!
Indahnya berbagi.

Artikel Terkait



2 komentar:

valiant on March 3, 2010 at 11:52 AM said... [Reply]

program diatas URL download gratisnya dimana sob?.. salam kenal. btw tukar link yuk?

samsul on August 14, 2012 at 1:14 PM said... [Reply]

nakasih atas infonya gan

Post a Comment

yth. pengunjung Blog Bisnis Online. Untuk Menjalin Silaturahmi, Setelah membaca mohon berkenan memberikan komentar disini atau sekedar ucapan terimakasih saja. 1 komentar maka 2 link untuk anda.

Chat Room

Ilpeng.com Lovers

 

BISNIS ONLINE | BLOG BISNIS ONLINE. Blog ini Copyright 2009 Knowledge Sharing by Sandhioke Converted into Blogger Template