Wednesday, November 25, 2009

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI | Awas, Jebakan Diskon Software Komersial'


Jika dibandingkan dengan dulu, harga jual sistem operasi komersial memang jauh lebih murah. Hal ini dikarenakan sistem operasi komersil saat ini menggunakan sistem diskon dalam penjualannya. Namun diskon tersebut dianggap sebagai jebakan. Lho kenapa?

Saat ini sistem operasi komersial seperti Windows memang relatif lebih murah ketimbang dulu. Sebut saja sistem operasi Windows XP Profesional yang dibanderol sekitar Rp 800 ribu per lisensi. Bandingkan dengan 2 tahun lalu yang harga jualnya tak kurang dari Rp 1,5 juta per lisensi.

Murahnya sistem operasi tersebut justru dianggap sebagai sebuah jebakan. Pasalnya akan ada efek ketergantungan terhadap sistem operasi tersebut yang akhirnya membuat konsumen menjadi konsumtif.

Hal tersebut diungkapkan oleh Nana Suryana, peneliti Lembaga Ilmu Penelitian Indonesia (LIPI) sekaligus salah seorang tim pengembang utama IGN 2009 (versi terbaru dari Distro Nusantara - red). Saat berbincang dengan detikINET, ia berpendapat penggunaan sistem operasi komersial akan memaksa pengguna untuk terus menggunakan sistem operasi tersebut.

"Kalau cuma beli kan cuma sekali saja. Tapi seperti layaknya software berbayar atau berlisensi, mereka diciptakan memang untuk membuat pemakainya tergantung. Pengguna akan dipaksa untuk mengikuti versi updatenya. Ini yang berbahaya," klaimnya disela-sela acara Seminar Nasional Tentang Open Source Software di Ballroom Hotel Jayakarta, Sabtu (7/11/2009) sore.

Dicontohkan oleh Nana, dari semua departemen yang ada dalam pemerintahan, Departemen Keuangan RI (Depkeu) lah yang dianggap paling boros belanja software. Hal ini dikarena ada satu aplikasi yang dipergunakan oleh Depkeu dan aplikasi tersebut hanya berjalan di sistem operasi Windows.

"Ada aplikasi yang bernama RKA-KL yang dibangun dari aplikasi Visual Fox Pro. Karenanya aplikasi ini hanya bisa berjalan di Windows," ungkapnya.

Ditanya berapa besar biaya yang dikeluarkan oleh Depkeu hanya untuk belanja software saja, Nana mengaku saat ini ada sekitar 32.000 unit satuan kerja Depkeu yang tersebar di seluruh Indonesia. Dan semuanya saling terintegrasi.

"Hitung saja jika harga Windows XP Profesional sekarang sekitar Rp 800 ribu maka dikalikan 32.000 unit. Itu hanya untuk sistem operasinya saja. Belum aplikasi yang lainnya," terangnya. ( afz / fyk )

Andrian Fauzi – detikinet
Minggu, 08/11/2009 14:45 WIB



Artikel Terkait



3 komentar:

samsul on August 14, 2012 at 1:08 PM said... [Reply]

makasih atas infonya

Kaos Couple Murah on October 13, 2012 at 9:03 AM said... [Reply]

sekarang memang harus lebih hati-hati dalam memilih jenis software, salah pilih malah bisa bikin rugi.

jamu pelangsing tradisional on December 17, 2013 at 10:39 AM said... [Reply]

ya harus selektip memilihnya

Post a Comment

yth. pengunjung Blog Bisnis Online. Untuk Menjalin Silaturahmi, Setelah membaca mohon berkenan memberikan komentar disini atau sekedar ucapan terimakasih saja. 1 komentar maka 2 link untuk anda.

Chat Room

Ilpeng.com Lovers

 

BISNIS ONLINE | BLOG BISNIS ONLINE. Blog ini Copyright 2009 Knowledge Sharing by Sandhioke Converted into Blogger Template