Monday, October 25, 2010

TUTORIAL BLOG | Tips Paten Menggali GAGASAN (IDE BISNIS) bagi Seorang Blogger atau Siapapun


Allow sobat ilpeng.com di seluruh Indonesia!..
Setelah sekian lama bertapa (alay..:D), kini saatnya kami (red. saya) kembali berbagi dengan sobat blogger semua melalui blog  tercinta ilpeng.com yang telah sekian lama ditinggalkan. Maklum, lagi seru-serunya menggali gagasan (ide) dan mengembangkan antusias melalui sebuah media solusi untuk membantu sobat-sobat mahasiswa dalam menyusun skripsi atau tesis. Kalau ada yang mau tahu media solusi yang saya buat klik disini barang kali juga bermanfaat untuk sobat.

Juga saya minta maaf pada sobat-sobat yang telah berkunjung, berkomentar ataupun bertanya tentang beberapa tutorial blog dalam enam bulan terakhir ini, belum sempat saya respon. Ups! kesannya jago blog banget yah? asli bukan gitu sob!, maksud saya ada sobat-sobat yang tanya tentang cara pemasangan beberapa widget yang ada di blog ilpeng.com ini, baik di kolom komentar ataupun chat room gitu.. tapi saya ga sempat balas, sudah agak-agak lupa soalnya tentang blogger, daripada salah kan malah memalukan. Soalnya lagi khusuk banget belajar optimasi website konsultasi yang baru saya buat nih. IDE nya sih pingin iseng-iseng ajah sob, pingin tahu gimana sih susahnya desain web dari merancang sampai optimasinya. Dan ternyata bikin web itu tak sesulit yang di bayangkan, contohnya di sini atau di sini

Oke cukup lah, pengumuman dan acara maaf-maafnya, dalam rangka menyambut hari sumpah pemuda 28 Oktober ayo kita kembali lagi segarkan semangat blogging Indonesia. Ngemeng-ngemeng tentang sumpah pemuda, sebetulnya siapa  sih pertama kali yang memunculkan "gagasan (ide)" sumpah pemuda? Jawabannya ga di sini lah. Kalau sobat mau tahu, buka lagi deh buku sejarahnya :D, ilpeng.com ga akan membahas tentang itu. Yang ingin ilpeng.com mau diskusikan adalah bahwa momen sumpah pemuda itu muncul karena adanya gagasan (ide) beberapa kelompok pemuda Indonesia yang menghendaki kemerdekaan ketika itu. Dan itu adalah cikal bakal munculnya perang-perang  kemerdekaan yang lebih solid dengan dikenalnya persatuan dan kesatuan.

Dari ilustrasi kecil ini kita bisa simpulkan betapa gagasan sekelompok orang atau bahkan segelintir orang dapat merubah hajat hidup orang banyak bahkan manfaatnya bisa kita rasakan hingga sekarang. Oke, kembali ke topik. Lalu bagaimana peran gagasan/ide bagi seorang blogger dan bagaimana menggali gagasan/ide bagi seorang blogger..

Sobat, Blogger pada dasarnya dapat dibagi atas gagasan (ide bisnis) tujuannya. Ada blogger yang gagasan (ide bisnis) tujuannya hanya sekedar iseng, atau gagasan (ide bisnisnya) hanya ingin berbagi, atau gagasan (ide bisnis) nya hanya ingin mendokumentasikan kegiatan  hidupnya (semacam diary online), atau gagasan (ide bisnis) nya hanya ingin mencari teman, atau gagasan (ide bisnisnya) hanya ingin menguji kemampuannya (bidang jurnalis, programming omputer, bisnis online, SEO), atau ada juga yang gagasan/ide bisnisnya benar-benar ingin menjadikan blog nya sebagai ladang penghasilan baik penghasilan utama (full pebisnis online) atau hanya penghasilan sampingan. Apapun tujuannya, mereka tidak akan dapat me-maintenance dengan baik blog nya tanpa adanya gagasan atau ide bisnisnya.

Gagasan atau ide adalah istilah yang dipakai baik secara populer maupun dalam bidang filsafat dengan pengertian umum "citra mental" atau "pengertian". Gagasan menyebabkan timbulnya konsep, yang merupakan dasar bagi segala macam pengetahuan, baik sains maupun filsafat. Bahkan sekarang banyak orang percaya bahwa gagasan adalah suatu kekayaan intelektual seperti hak cipta atau paten.

Gagasan atau ide bisnis pada blog terletak  pada konten blog. Jadi, tanpa gagasan/ide bisnis, dalam hitungan minggu atau bulan dapat dipastikan blog akan mati. Mungkin anda bisa katakan "optimasi blog kan ga harus dari konten, bukti nyatanya blog ilpeng.com ini meskipun didiemkan selama 6 bulan pengunjung juga masih banyak meskipun tidak ada postingan/konten yang baru". Memang betul demikian namun, sejatinya pengunjung datang adalah karena konten bukan?! yah, anda pasti tahu Optimasi SEO memiliki 2 sisi penting dalam optimasi yaitu Onpage SEO (salah satunya pada konten) dan Offpage SEO (seperti melalui backlink). Lebih detail tentang optimasi SEO bisa dilihat disini, postingan tentang cara terbaik optimasi onpage SEO. Apapun itu, optimasi offpage SEO tanpa memperhatikan konten sama halnya anda berharap blog anda dikunjungi pengunjung liar, setelah mereka berkunjung jangan berharap besok kembali lagi ngasih komentar ajah ngga. Mau seperti itu?! Nah itulah betapa pentinya gagasan bagi seorang blogger.

Untuk itu, perhatikan 3 tips paten menggali gagasan atau ide bisnis bagi seorang blogger atau siapapun, sekaligus buat instrospeksi ilpeng.com juga:


Pertama, pahami prinsip dasar gagasan atau ide
  1. gagasan/ide tanpa tindakan itu mati. Tidak ada yang datang hanya dengan memikirkannya. Setiap manusia dikaruniai akal budi yang menghasilkan ide atau gagasan brilian dan setiap ide bermanfaat apabila diwujudkan. Ide tanpa ada pengolahan dan tindakan untuk mewujudkannya sama saja dengan omong kosong. Karena itu, gagasan atau ide sederhana yang dilaksanakan dan dikembangkan seratus persen lebih baik daripada gagasan hebat yang mati karena tidak ditindaklanjuti. Jika sobat ingin mewujudkan impian besar, mewujudkan gagasan sederhana yang saat ini terbersit lalu perhatikan hasilnya.
  2. Ingatan adalah budak yang lemah dalam melindungi dan memelihara gagasan yang masih sangat baru. Entah ini adalah pengalaman pribadi saya atau memang sudah berlaku umum. Terlebih lagi jika sobat adalah tipikal orang yang kreatif, melihat segala sesuatu selalu timbul gagasan. Namun jika hanya diingat dan tidak dicatat, pada saat gagasan itu sibutuhkan pasti hilang bukan?! pasti lupa..

Kedua, manajemen gagasan atau ide bisnis anda!

Gagasan memerlukan penanganan khusus sejak dilahirkan hingga diubah menjadi cara-cara praktis untuk mengerjakan sesuatu dengan lebih baik. Ada 5 langkah untuk memelihara dan mengembangkan gagasan atau ide bisnis anda:

  1. Dokumentasikan gagasan atau ide bisnis. Bawalah selalu catatan gagasan dalam saku, handphone atau bahkan dengan menggunakan tools tertentu, misalnya kamera, anda potret setiap kejadian dalam keseharian anda lalu upload dan beritakan melalui blog. biasanya model seperti adalah blogger diary atau typical jurnalist bloger. Namun apapun itu jenisnya, gagasan harus didokumentasikan dengan baik. 
  2. Periksa catatan gagasan atau ide bisnis anda secara teratur. Lalu kelompokkan sesuai dengan pengelompokannya. dengan mengkaitkan seperti itu akan memuculkan gagasan-gagasan atau ide-ide bisnis berikutnya. (it's work, try this at home!). Selama suatu gagasan masih bermanfaat, simpanlah terus.
  3. Sempatkan waktu dalam keseharian anda untuk membuat detail gagasan dan ide bisnis anda. Dengan cara ini, Jika gagasan akan mengambil bentuk nyata, dapat benar-benar dilihat, sobat akan tahu kelemahannya, mendeteksi yang perlu dipoles. Dan ketika waktunya tiba, buat gagasan (ide bisnis) itu bekerja untuk diri sobat, pekerjaan sobat, atau masa depan sobat.
  4. Kembangkan gagasan (ide bisnis) anda dengan berkomunikasikan pada orang yang tepat (pada ahlinya sesuai spesifikasi gagasan atau ide bisnis anda).Misalnya sobat punya gagasan (ide bisnis) menulis buku tentang cara cepat menyusun skripsi tanyakan pada dosen-dosen atau guru besar di bidang ini. Jangan bertanya pada Bob Sadino.
  5. Praktekan gagasan (ide bisnis). Gagasan adalah buah dari cara berfikir anda. Namun gagasan harus digunakan dan dipraktekan agar mempunyai nilai. Wujudkan gagasan anda dalam wujud nyata misalnya anda punya gagasan menulis sebuah buku, maka pelajarilah bagaimana menulis sebuah buku dan susun secara perlahan. (jangan menunggu proses belajar selesai). Lalu konsultasikan pada ahlinya, sesuai spesifikasi buku yang anda tulis (cat. hati-hatilah terhadap pencurian ide bisnis atau gagasan).


Ketiga, jual gagasan atau ide bisnis anda

Buat gagasan berkerja untuk anda. Wow pada langkah ini, anda akan terbuka seolah membiarkan dunia luar menilai diri anda melalui hasil karya anda. dan proses ini adalah tahapan terbesar pembelajaran bagi seseorang blogger atau penulis umumnya. kemungkinan terburuk anda akan dididik untuk menjadi seorang yang berjiwa besar. kemungkinan baiknya adalah "pasive income" akan mendatangi anda. So, ga ada sisi negatifnya kan? 

Oke sob, kesimpulannya bagi seorang blogger gagasan = ladang emas. Mudah-mudahan bermanfaat,, Ups ntar dulu, bagaimana cara sobat manajemen gagasan atau ide bisnis?.. Bagi ilmunya yah..

Artikel Terkait



64 komentar:

Unknown on October 25, 2010 at 9:00 AM said... [Reply]

salam sahabat
ehm bagus juga ini melairkan kontent pada isi blog tentunya untuk memanage sebuah blog juga tergantung pada di pemilik blog tentunya dengan uodate dan ide yang menghasilkan isi manfaat itu setahu saya.,good luck

Anonymous said... [Reply]

Setelah dua kali comment, senang bisa membantu.
http://ragunanpunyakitasemua.wordpress.com

Belajar Bisnis Forex on October 25, 2010 at 3:49 PM said... [Reply]

Ilmu bermanfaat nih buat menggali potensi menjadi blogger yang baik :)

alfi on October 25, 2010 at 7:36 PM said... [Reply]

kalo bgitu selamat datang kembli y mas ipeng..

Rizkyzone on October 28, 2010 at 6:00 PM said... [Reply]

saya mungkin juga masih belajar kira2 bisnis apa yg cocok buat saya, ada sebenranya keinginan dalam hati u/ menggeluti dunia bisnis online. tp sayangnya keterbatasan waktu membuat keinginan saya menekuni bisnis onlene masih saya pending dulu.

u/ menanggapi permintaan sobat ileng mengenai blog ini, saya rasa dr awal saya kenal blog ini, g banyak perubahan, cuma satu saja, lebar templatenya terlalu lebar kalau bisa dikurangi lebarnya, itusaja saran dr saya

teknik seo blogspot on November 1, 2010 at 11:55 AM said... [Reply]

wah.. ada yg baru neh..!!!
Info yang bagus sobat, saya banyak belajar dari blog ini.

jika berkenan, saya ingin bertukaran link dengan blog sobat ini. link sobat sudah saya pasang kok di blog aku.. Silakan dicek kembali! :)

Thx sebelumnya ya...

Kesehatan Wanita on November 2, 2010 at 9:22 PM said... [Reply]

Kebetulan nemu ginian, cocok buat saya yang sedang belajar untuk menggali ide-ide yang lebih berguna. Terimkasih

Kaos Distro on November 5, 2010 at 7:56 AM said... [Reply]

Salam kenal ya..boleh urun rembug? gagasan bisnis baik online maupun offline sebenarnya bs kita dapatkan dr mana saja kalau kita sensitif dan yg terpenting kita hrs senang dg apa yg kita kerjakan agar hasilnya maksimal

travel on November 6, 2010 at 4:14 PM said... [Reply]

ide sih banyak tapi belum bisa dilaksanakan nih, masih bingung maka blogwalking cari ilmu kesana sini sama sekalian cari link he..he... salam kenal yah....

Bayu on November 7, 2010 at 8:26 AM said... [Reply]

makasih artikelnya mas,,jadi tambah pengetahuan ane^^

sob tukeran link yuk,,kalau berminat nanti konfirmasi aja di blog DoFollow ane di healthcare-support.blogspot.com

Ditunggu yah^^

Kuliner on November 8, 2010 at 4:45 PM said... [Reply]

salam kenal .
makasih buat tutorialnya .
sukses slalu .

ipin on November 9, 2010 at 8:14 AM said... [Reply]

thanks infonya sobb..pas banget nih lagi cari bisnis apa yg cocok yahhh

Tour Travel on November 10, 2010 at 11:04 AM said... [Reply]

wah sgt bermanfaat neh untuk para blogger, thanks ya.slm kenal

Media Nusantara on November 10, 2010 at 3:31 PM said... [Reply]

salam kenal .
makasih ya buat infonya .
makasih juga buat tutornya .

Ivan Kavalera on November 10, 2010 at 11:07 PM said... [Reply]

thanks banget tipsnya.

museum on November 11, 2010 at 3:25 PM said... [Reply]

ciihuuyy...bisnis sendiri..., bisnis di rumah...

Sports Shoes on November 12, 2010 at 4:39 PM said... [Reply]

nice post !! .
^_^

hybrid cars on November 15, 2010 at 12:29 PM said... [Reply]

yang paling susah menurut saya adalah "action"-nya. Kadang eksekusinya ini lho yang bikin drop.

Sandhi Oke on November 15, 2010 at 4:59 PM said... [Reply]

@Dhana/戴安娜:Wah luar biasa dikunjungi sobat blogger Dhana. Yup setuju, blog harus memberikan ide-ide yang bermanfaat dan update tentunya..

Sandhioke on November 15, 2010 at 5:26 PM said... [Reply]

@hybrid cars: untuk action ga usah terlalu banyak dibayangkan, yang penting buat rencana detailnya trus jalankan (action) ajah, sambil jalan maka akan keluar banyak inspirasi untuk menyempurnakan dan terus menyempurnakan..

ICA Ups on November 16, 2010 at 10:59 AM said... [Reply]

salam kenal .
nice post .

Pulsa Elektrik on November 23, 2010 at 9:52 AM said... [Reply]

Yup, setiap gagasan memang perlu di dokumentasikan, trus direview....klu ada yang dirasa hebat ya lakukan :D

souvenir pernikahan murah on November 23, 2010 at 3:50 PM said... [Reply]

Salam kenal....

Sandhi Oke on November 25, 2010 at 8:04 AM said... [Reply]

sep dah pokoknya

Anonymous said... [Reply]

Excellent post added to my blog!

membuat blog gratis on November 26, 2010 at 8:38 AM said... [Reply]

terimakasih atas infonya bos..
sangat bermanfaat..
saya akan simak terus perkembangannya..

umy on December 2, 2010 at 12:10 PM said... [Reply]

thanks infonya, bermanfaat bgt,,

toko online on December 5, 2010 at 7:18 PM said... [Reply]

postingan ini penuh dengan optimasi seo untuk kata gagasan bisnis yah...

nice sob!

Anonymous said... [Reply]

Благодарность за материалы! :)
Respect www.ilpeng.com

julicavero on December 13, 2010 at 10:16 AM said... [Reply]

mantaf sob..salam kenal ya sob..

ohgd on December 13, 2010 at 11:42 AM said... [Reply]

makasih banyak tipsnya gan salam kenal

Car Air Freshener on December 15, 2010 at 11:34 AM said... [Reply]

salam kenal .
wahh .
mantapp nii .
makasih yaa .

handout on December 17, 2010 at 4:26 PM said... [Reply]

hi bro...
nice post

blog doodey on January 2, 2011 at 12:09 PM said... [Reply]

ulasan yang bagus sekali sob. :)

bisakah bertukaran link dgn blog saya?
saya tunggu berita baliknya ya. thx :)

Brankas on January 19, 2011 at 2:07 PM said... [Reply]

Sekarang saatnya saya cari gagasan atau ide dulu berarti.. Susahnya, suka kelupaan nggak dicatat, atau susah pas eksekusinya malah :D Nice post bro.. =D

Blog Hiburan on January 22, 2011 at 10:21 AM said... [Reply]

sip sip sip. saatnya mulai bisnis di dunia internet.


salam.

Bayu Eko Prasetyo on January 25, 2011 at 7:51 AM said... [Reply]

Saat menggali gagasan ide,thanks infonya

Day Spa on January 26, 2011 at 3:13 PM said... [Reply]

salam kenal .
artikelnya bagus .
makasih udda share .

Kumpulan Artikel Bermanfaat on January 27, 2011 at 6:00 AM said... [Reply]

nah itu juga yang sekarang masih saya bingung.
saya masih bingung dengan SEO sob.


salam.

obat alternatif demam berdarah on January 27, 2011 at 9:26 AM said... [Reply]

cukup inspiratif...

Anonymous said... [Reply]

apa yang saya cari, terima kasih

NEWb7 on February 16, 2011 at 9:31 AM said... [Reply]

Terima kasih atas tutorialnya, sangat bermanfaat buat saya sebagai pemula dalam dunia blog.

salam,

sanda on September 10, 2011 at 11:20 AM said... [Reply]

salam kenal ...
bagus sekali postingannya .. sangat mencerahkan bagi para blogger atau siapa saja yang menekuni dunia online.

mantap banget, emang menimbulkan gagasan itu tidak mudah, so artikel ini mantapz !!

Cara Mengobati Penyakit Nyeri Sendi Secara Alami on October 5, 2011 at 11:05 AM said... [Reply]

waw,,tutorial yang bagus,,thanks ya..semoga sukses slalu..
salam kenal.

Cara mengobati Maag secara Herbal on October 14, 2011 at 10:04 AM said... [Reply]

bagus banget tuhh infonya memotivasi buat para bloger apalagi yang baru pertama kali mengenal seperti saya thanks yaa

Kartika Dewi on December 23, 2011 at 6:35 PM said... [Reply]

mantap bgt nih infonya ma. ijin baca2 artikelnya ya. nice posting

Obat Herbal Untuk Usus Buntu on December 25, 2011 at 8:43 PM said... [Reply]

info yang sangat bagus gan.
salam kenal ya dan terus berkarya

Anonymous said... [Reply]

morning bro...

Anggi Prasetyo on February 21, 2012 at 6:38 PM said... [Reply]

Mantap nya.....

koko on March 18, 2012 at 2:21 PM said... [Reply]

yang penting setelah dapat ide/gagasan adalah segera action,,nice info mas
.sukses selalu..

Obric on May 30, 2012 at 10:28 PM said... [Reply]

Mantaff gan . . .

OBAT HERBAL STROKE on July 11, 2012 at 10:38 PM said... [Reply]

terima kasih tipsnya.......

samsul on August 11, 2012 at 9:57 AM said... [Reply]

makasih infonya

Obat herbal penyakit pinggang on August 11, 2012 at 2:27 PM said... [Reply]

Trimakasih infonya .. :)

Obat herbal Infeksi saluran kemih on August 11, 2012 at 3:02 PM said... [Reply]

Trimakasih infonya .. :)

Obat herbal ginjal on August 11, 2012 at 3:04 PM said... [Reply]

Trimakasih infonya .. :)

Obat herbal diabetes on August 13, 2012 at 12:39 PM said... [Reply]

Trimakasih infonya .. :)

Obat herbal darah tinggi on August 13, 2012 at 12:42 PM said... [Reply]

Trimakasih infonya .. :)

CCTV on August 14, 2012 at 3:11 PM said... [Reply]

menurut saya pengembangan ide dalam suatu bisnis sangatlah diperlukan, sebab di dalam suatu ide terdapat rencana2 yang nantinya akan di realisasikan di dalam bisnis kita

Xbox 360 Steering Wheel And Pedals on October 4, 2012 at 7:37 AM said... [Reply]

makasih infonya

Christmas Table Decor on October 4, 2012 at 7:38 AM said... [Reply]

makasih tipsnya

rental mobil di surabaya on November 22, 2013 at 4:48 PM said... [Reply]

thanks untuk tipsnya

Company Profile on December 2, 2013 at 1:00 PM said... [Reply]

Makasih tipsnya.. :)

Template Booklet Company Profile on December 10, 2013 at 11:03 AM said... [Reply]

makasih buat infonya

Post a Comment

yth. pengunjung Blog Bisnis Online. Untuk Menjalin Silaturahmi, Setelah membaca mohon berkenan memberikan komentar disini atau sekedar ucapan terimakasih saja. 1 komentar maka 2 link untuk anda.

Chat Room

Ilpeng.com Lovers

 

BISNIS ONLINE | BLOG BISNIS ONLINE. Blog ini Copyright 2009 Knowledge Sharing by Sandhioke Converted into Blogger Template