Friday, January 1, 2010

TIPS SEO | Naikkan Traffic Rank Alexa Secara Drastis



Sebagai pemula di dunia blogging, kita harus banyak mengetahui Tips SEO dari para master SEO bagaimana menaikkan Traffic Rank Alexa. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tahun 2009 kemarin termasuk tahun yang membanggakan, Indonesia telah banyak bermunculan master-master SEO bahkan tingkat dunia. Namun demikian, tidak semua tips yang ada di banyak blog yang tersebar di dunia maya betul-betul berasal dari master yang tepat atau telah terbukti. Dalam hal ini tentunya kita harus berhati-hati.

Masih sebagai pemula di dunia blogging, sejak mengenal Alexa dan memasang widget di salah satu sidebar blog teknologi ini, ada beberapa hal yang saya percaya mampu meningkatkan Traffic Rank Alexa cukup drastis. Dan ini telah saya buktikan sendiri. Yah, sebetulnya banyak hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan traffic Rank Alexa, namun demikian biar tidak terkesan ngibul juga sama seperti yang lain akan saya ungkapkan disini apa yang terbukti benar-benar menaikkan Traffic Rank Alexa blog teknologi ini.

8 hal yang sudah saya terapkan dan terbukti mampu meningkatkan Traffic Rank Alexa blog teknologi ini 4.756.954 peringkat dalam waktu 5 hari, itu artinya blog teknologi ini berhasil menyingkirkan 4.756.954 blog lainnya dalam waktu singkat. sebuah hasil yang cukup signifikan dan menggembirakan buat blogger baru seperti saya. Artinya, misalkan blog baru anda sekarang berada pada Traffic Rank Alexa 5.056.954, dengan menerapkan tips ini anda bisa langsung nongkrong di peringkat 356.954. Berikut 8 Tips sederhana yang sudah saya jalankan;

1. Menghindari Template standar 
Tampilan yang menarik memang terbukti mampu menarik pengunjung, rupanya itu salah satu Rahasia SEO. Dan tampilan menarik biasanya tidak anda temukan jika hanya menggunakan template standar yang ada, baik wordpress maupun blogspot. Jadi segera ubah tampilan standar blog anda.

2. Menghindari gonta-ganti tampilan (themes)
Berikutnya setelah saya mengenal begitu banyak free template baru yang bisa digunakan, mulailah saya menggonta ganti template, akibatnya 2 hari traffic Rank Alexa saya tidak ada perubahan, meskipun update artikel terus dilakukan. Rupanya kita harus konsisten dengan satu themes yang menurut kita paling bagus dan lihat hasilnya dalam sehari traffic Rank Alexa blog teknologi ini meningkat.

3. Mulai Menggunakan Read More
Nah ini hal yang paling konyol yang pernah saya lakukan. Maklum lah newbie. Ketika sudah mulai aktif menulis, artikel sudah banyak kurang lebih 20 artikel tapi konyolnya semua isi artikel saya tampilkan. Jadi terlihat homepage sangat panjang dan tidak rapi. Lagi-lagi traffic Rank Alexa tidak ada peningkatan (sebagai newbie jelas kita ingin traffic Rank Alexa meningkat, yah meskipun sedikit). Begitu menyadari hal itu mulailah saya gunakan Readmore. Bentuk readmore yang saya gunakan seperti yang tertulis di homepage blog ini “baca selengkapnya”. Sederhana saja, meskipun bisa juga anda gunakan gambar di sana.

4. Menggunakan widget kategori
Rupanya widget kategori juga sangat penting buat pengunjung, sebab memberikan kemudahan pengunjung mencari tulisan dalam kategori yang sama, juga memberikan keuntungan sebagai text link. Wajar tips sederhana ini juga merupakan salah satu Rahasia SEO. Pantes saja jumlah kunjungan ke blog teknologi ini sulit meningkat. Dan ini saya sadari setelah berkunjung ke beberapa blog sahabat, disitu kita bisa membandingkan betapa nikmatnya membaca blog sahabat yang ada kategorinya daripada yang tidak. Hohoho..

Nah sejak itulah blog ini menggunakan pengkategorian, harapannya biar pengunjung mudah mencari bacaan yang diinginkan. Dan supaya lebih terlihat keren pengkategorian saya gunakan pada bagian navbar. Seperti anda lihat di atas ada beberapa kategori yang saya pasang yaitu Popular Science, Teknologi Informasi dan seterusnya silakan cek sendiri.

5. Menghindari Topik terlalu luas
Nah ini kesalahan fatal saya berfikiran bahwa makin banyak keyword makin bagus, awalnya sayamenggunakan blog untuk mengisi berbagai macama konten dari ilmu manajemen, sosial, statistik, metode penelitian, statistik, tutorial, internet, computer, berita actual, popular science dan beberapa yang lain, ah bener-bener kacau deh, sekali lagi maklum lah newbie.

Setelah mengetahui Rahasia SEO dari beberapa master jadi sadar rupanya kita harus fokus antara keyword yang dituju, deskripsi blog, judul postingan/artikel dengan konten termasuk juga komen pengunjung bahkan topik blog pengunjung. Ingat! Pengunjung setia blog Anda, biasanya tertarik akan topik-topik tertentu. Atas dasar itu akhirnya saya putuskan untuk membagi menjadi 2 blog salah satunya blog teknologi ini yang spesifik mengenai teknologi Informasi.

6. Menghindari topic postingan yang menyimpang
Masih melanjutkan tips sebelumnya, jadi anda harus konsisten dengan topik yang telah anda tetapkan. Misalnya blog Anda seputar Internet jangan membahas tentang hukum pernikahan. Hasilnya setelah menerapkan beberapa tips di atas traffic Rank Alexa bisa naik 2.700.000 peringkat, sungguh bahagianya sebagai newbie bisa menyingkirkan 2.700.000 blog yang lain. (hohoho..)

7. Menghindari Posting yang terlalu pendek atau terlalu panjang
Selanjutnya, posting yang terlalu panjang menyebabkan halaman Anda tidak diindex seluruhnya oleh search engine loh. Untuk artikel yang panjang, Anda bisa membuat artikel berseri. Dan sebaliknya postingan yang terlalu pendek juga tidak disukai oleh search engine, dan ini mengakibatkan blog Anda berada pada urutan bawah ketika orang mengetikan kata kunci di google atau yahoo atau search engine yang lain.

8. Menghindari Mempublikasikan postingan sebelum merapikan (Gunakan Preview terlebih dahulu)
Kebodohan terakhir yang sudah saya lakukan adalah saya memposting artikel yang masih draft, tentu saja hal ini akan membingungkan pengunjung yang ingin membaca artikel yang sudah anda posting. Ketika pengunjung anda sedang aktif baca, satu menit kemudian artikel berubah karena memang masih dalam pengeditan. Wah bisa lari tuh pengunjung ga mau baca artikel kita lagi. Jika demikian sebaiknya kita gunakan preview terlebih dahulu sebelum artikel betul-betul diposting. Atau berilah info bahwa artikel masih dalam pengeditan, hal ini berlaku pula jika anda sedang edit template atau yang lain.

Apa yang telah dibagi disini bukanlah omong kosong, telah terbukti hasil eksperimen menggunakan blog ilpeng.com ini, blog newbie tentang teknologi. Sekali lagi ini hasil eksperimen newbie, mhn para master yang tidak sengaja baca postingan ini untuk berkenan memberikan masukkannya.

Data : (Sebelum menerapkan tips ini traffic rank Alexa 7.917.340, setelah menerapkan pelan-pelan peringkat naik 5.202.507, sehari kemudian 4.689.514, keesokan harinya 4.406.757 dan hingga tulisan ini di tulis ada pada peringkat 3.160.386 ). Sungguh membahagiakan untuk seorang newbie.

Semoga Bermanfaat dan Selamat tahun Baru..

Artikel Terkait



24 komentar:

Gambutku on January 1, 2010 at 10:27 PM said... [Reply]

makasih infonya ya, blog punya saya hampir seperti yg no 8. hehe
:D

Lembaga Pelatihan on January 1, 2010 at 10:31 PM said... [Reply]

Bener bener Rahasia.. yang belum terungkap selama ini.... !! baru di Tahun 2010 ini diungkap...Nice Posting...Peace.

adedosol on January 2, 2010 at 8:29 AM said... [Reply]

Yah kita memang harus konsisten jika mau blog kita bagus peringkatnya dan menaikkan traffik antara lain dari konten harus bermutu dan fresh, mksh infonya

Saung Web on January 2, 2010 at 9:00 AM said... [Reply]

Siip dah tipsnya... makasih telah diingatkan sob.. n
selamat tahun baru 2010 semoga tambah sukses

Kumpulnet on January 2, 2010 at 10:11 AM said... [Reply]

klo tips saya sih cuma sering2 update posting dan juga dapat trafik

Fakta Unik on January 17, 2010 at 11:08 AM said... [Reply]

trims sob infonya..sangat bermanfaat..

Myvitrd on January 17, 2010 at 1:11 PM said... [Reply]

dekat sini untuk tingkatkan trafic korang free je.. http://www.trafficdigger.com/user/ahm2480.html

erni on January 24, 2010 at 5:23 PM said... [Reply]

info yang berguna, nanti coba dipraktekkan,

biro bangunan on February 16, 2010 at 1:07 PM said... [Reply]

Info yang bagus sekali, siapa tahu bermanfaat buat weblog biro bangunan kami...trims ya..^_^..

teguh on July 12, 2010 at 8:41 PM said... [Reply]

blog sy ranking di alexa parah, pdhal gk sepi2 amat pngunjungnya... ada pencerahan???

Diamonds on August 10, 2010 at 12:24 PM said... [Reply]

nice posting, akan sy coba juga di blog sy, terima kasih.

Linazz on September 10, 2010 at 6:56 PM said... [Reply]

Tutorialnya sangat mantap friend. Semua cara penulisan artikelnya sangat di mengerti. Makasih yach.

yoe on October 10, 2010 at 12:22 PM said... [Reply]

good job

butuh artos on October 11, 2010 at 11:09 AM said... [Reply]

kalo ganti domain dari blogspot ke domain gratis itu jadi nol lagi ya page rank nya...?

Ensofas on November 9, 2010 at 8:21 PM said... [Reply]

Terima kasih infonya, coba saya praktekkan. soalnya, traffic rank alexa-ku masih kisaran 9 jt-an.
sekalian tukeran link. ini kodenya
<a href="http://ensofas.wordpress.com" target="_blank">ENSOFAS</a>
Link Anda aku pasang di "Link Sahabat"

Rio on December 8, 2010 at 12:14 PM said... [Reply]

emang bener bener mujarab nih... :D
makasih atas masukannya bro..

amrikarisma on December 9, 2010 at 10:52 PM said... [Reply]

Makasih mas tutornya,,,

Afoed'z on January 16, 2011 at 4:46 PM said... [Reply]

Thx sob infonya,,,

Berharap kunjungan n comment baliknya...

Enry Mazni on February 4, 2011 at 10:04 PM said... [Reply]

gitu ya bro....kalo blog aku keknya kebanyakan pendek postingannya..habis cuma sekedar menginformasikan
tx for share ya bro

faktabukanopini on August 11, 2011 at 8:48 PM said... [Reply]

nice share sob !

csr on October 31, 2011 at 2:42 PM said... [Reply]

jadi gonta ganti template itu ga boleh ya Om.... pantes Alexa web kami kemarin turun... makasih om tips nya..

Anonymous said... [Reply]

bah, pagerank nya aja masih N/A.
berani kasi tutorial buat naikin alexa rank.
alexa nya juga masih di atas 3juta
apa gak malu bung?
blog sampah ini

si koplac on April 13, 2012 at 10:47 AM said... [Reply]

Numpang tanya om.
menghindari postingan yang terlalu pendek dan panjang itu.. max dan min nya berapa karakter atau berapa paragraf ya om.. :D newbi ni..
thank's before :)

samsul on August 14, 2012 at 1:47 PM said... [Reply]

makasih infonya on

Post a Comment

yth. pengunjung Blog Bisnis Online. Untuk Menjalin Silaturahmi, Setelah membaca mohon berkenan memberikan komentar disini atau sekedar ucapan terimakasih saja. 1 komentar maka 2 link untuk anda.

Chat Room

Ilpeng.com Lovers

 

BISNIS ONLINE | BLOG BISNIS ONLINE. Blog ini Copyright 2009 Knowledge Sharing by Sandhioke Converted into Blogger Template