Sunday, January 3, 2010

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI | Top 10 Tren Teknologi Terbesar Tahun 2009


Setelah sebelumnya saya sharing knowledge tentang prediksi teknologi tahun 2010, bahkan tentang prediksi teknologi abad 30 (meskipun dalam bentuk animasi yang kocak), juga bagaimana teknologi seolah memiliki kemampuan indera keenam, pada kesempatan ini. Saya mengajak sobat sedikit review mengenai teknologi tercanggih yang telah dipublikasikan dan digunakan sepanjang tahun 2009.

Ups! mengapa ada yang saya garisbawahi, yah.. sebab ada beberapa teknologi yang sebetulnya sudah dikembangakan di beberapa Negara maju maupun berkembang termasuk di Indonesia namun tidak dipublikasikan, misalnya proyek teknologi untuk pertahanan dan keamanan Negara.

Tahun 2009 adalah babak baru perubahan teknologi, pada tahun itu teknologi telah merubah kita. Kita terhubung dengan internet dengan konektivtas yang jauh lebih baik dari sebelumnya, berdasarkan survey lembaga survey di Indonesia jumlah masyarakat yang terhubung ke internet tahun 2009 jauh lebih meningkat daripada tahun-tahun sebelumnya, trend mini computer (smart handphone, notebook dan sebagainya) salah satu pemicu yang telah memudahkan kita memeproleh koneksi internet dimana saja dan kapan saja untuk memperoleh informasi meningkat dasyat.

Kita lihat 10 trend technology terbesar tahun 2009 yang dikeluarkan oleh CNN dan beberapa sumber lainnya;

1. Teknologi Smartphone Menggila
Sampai dengan akhir 2009 telepon standar sudah dianggap tidak lagi mampu memenuhi kebutuhan masyarakat. Standar yang ada sekarang adalah smartphone, telephone selular canggih dengan fitur menyerupai computer, terhubung ke facebook, twitter dan berbagai masyarakat digital di dunia.

Meskipun keadaan ekonomi bergejolak hampir diseluruh dunia, pasar smartphone tetap meningkat baik popular iphone maupun berbagai pilihan smartphone seperti Blackberry yang meningkat 24% dari tahun 2008, dengan skala yang saya gunakan adalah skala internasional. Masyarakat dimudahkan dalam berkomunikasi data via email, upload foto dan video, setting status message dimana saja dan kapan saja. Thanks smarphone.. hohoho

2. Facebook tumbuh dengan dasyat
Tahun 2009 adalah tahunnya facebook semenjak munculnya pencalonan Barrack Obama sebagai presiden Amerika. Kini FB memiliki lebih dari 350 juta user, peningkatan lebih dari 200% user di tahun 2004 awal dimunculkannya situs social networking ini di Amerika. Awalnya user FB 90% berasal dari orang-orang amerika namun kini 70% anggotanya orang-orang di luar amerika. Hebat !

3. Era Blogging 
Blogging telah menajadi virus, hampir tiap orang tahun 2009 telah menjadi seperti publisher atau personal jurnalis dengan menggunakan blogging. Situs-situs blog dengan berbagai teknologi kemudahnnya mulai dikembangkan tahun 2007 namun tumbuh dengan sangat pesat di tahun 2009. Bagaimana dengan tahun 2010? hanya hanya sahabat blogger yang bisa menjawab sendiri.

Rezim blogger menjadi negatif setelah munculnya beberapa kejadian nyata pihak-pihak yang salah memanfaatkan blog (twitter). Beberapa di antaranya golongan tertentu masyarakat iran yang melakukan boikot penolakan hasil pemilihan presiden dengan memobilisasi dukungan massa melalui twitter, protest ini menyita perhatian dunia. Di Indonesia sendiri munculnya kasus Lunamaya yang menfaatkan twitternya untuk memprotes tidakan wartawan pada dirinya dengan kata-kata yang kasar yang akhirnya terbentur oleh pelaksanaan UU tentang ITE di Indonesia yang berujung pada tuntutan pihak wartawan kepada Lunamaya. Dan kasus ini masih berlanjut hingga artikel ini ditulis.

4. Trend e-book
Hingga September 2007 penjualan E-book telah mampu memberikan income sebesar $13.9 juta, info ini didapat dari Forum International Digital Publishing Forum, sebuah organisasi perdagangan. Dan hingga akhir 2009 kemarin E-book telah mampu memberikan income sebesar $46.5 juta (wow!) dan mungkin ini belum termasuk survey di Indonesia dimana banyak orang Indonesia yang telah menjadi kaya dari bisnis menjual e-book.

Sejak 2007, Amazon.com tidak lagi berdiri sendiri ia telah memiliki pesaing-pesaing yang besar dalam mengembangkan teknologi penjualan e-book, seperti sekarang Sony Reader and Barnes & Noble's Nook. Dan ini didukung oleh proyek besar teknologi yang akan dikembangkan google untuk menghubungkan perpustakaan, penulis buku, dan penerbit dengan memberikan sebuah koneksi yang besar untuk membentuk perpustakaan digital terbesar didunia yang hanya menyediakan informasi secara online. Jelas 2010 juga akan menjadi zona e-book, selamat tinggal hardbook!.

5. Instan Informasi
Di 2009, informasi tidak lagi sulit didapatkan. Hanya butuh beberpa menit bahkan detik informasi apapun bisa didapatkan dengan mudah melalui teknologi internet. Kini informasi bisa didapatkan dengan mudah menggunakan fasilitas search engine menuju informasi di sites seseorang, cukup dengan klik dan send informasi langsung tersedia.

Si penyedia informasipun juga  berbondong-bondong mati-matian menyediakan informasi yang bermutu bagi pengunjung situsnya, bahkan mereka berupaya menerapakan berbagai macam cara untuk meningkatkan jumlah kunjungan pada situsnya. Itulah yang menyebabkan kemunculan teknik-teknik Search Engine Optimization atau yang sering dikenal blogger dengan SEO.

Wah udah dulu yah, maaf harus bersambung soalnya mau pergi dulu.

Semoga Bermanfaat..

Artikel Terkait



2 komentar:

MMufidLuthfi on January 3, 2010 at 8:59 AM said... [Reply]

Ahahaa....
Bersmbung ya mas...

Pdhal ghe baca info mnarik nech...
Hehehehe...

D tnggu smbungannya...

samsul on August 14, 2012 at 1:50 PM said... [Reply]

mkash infonya bang

Post a Comment

yth. pengunjung Blog Bisnis Online. Untuk Menjalin Silaturahmi, Setelah membaca mohon berkenan memberikan komentar disini atau sekedar ucapan terimakasih saja. 1 komentar maka 2 link untuk anda.

Chat Room

Ilpeng.com Lovers

 

BISNIS ONLINE | BLOG BISNIS ONLINE. Blog ini Copyright 2009 Knowledge Sharing by Sandhioke Converted into Blogger Template