Monday, December 21, 2009

1 Puntung Rokok Butuh 10 Tahun Terdaur Tanah, bagaimana Dengan 7,5 Triliun Puntung Rokok Pertahun..



Mudah-mudahan tulisan ini merubah perilaku kita semua.
Apakah anda tahu bahwa setiap puntung rokok butuh sepuluh tahun untuk terdaur? Ini pun belum mengingat bahwa bila puntung rokok tersebut terdaur di dalam tanah maka bahan kimia yang terkandung dalam rokok dapat mencemari tanah dan air tanah lingkungan kita.

Diperkirakan bahwa produksi rokok di Indonesia untuk tahun 2009 akan mencapai 240 milyar batang.

Sebagai gambaran, produksi total rokok dunia pada tahun 2004 saja sudah mencapai 5.5 triliun rokok atau kira-kira 10.5 juta rokok per menit.

Bila volume setiap 20 buah puntung rokok adalah 10 ml maka volume total untuk 5.5 triliun puntung rokok adalah 2,750,000,000 liter. Volume sebanyak ini akan mengisi penuh sekitar 1,100 kolam renang ukuran olimpiade. Bayangkan, itu hanya puntungnya!

Acara pembersihan pantai Ocean Conservancy International pada 2007 melaporkan kalau sampah puntung rokok mencapai 38% dari semua sampah yang terkumpul.

Yayasan No Butts About It yang berlokasi Amerika Serikat memperkirakan bahwa 80% puntung rokok yang dibuang masuk ke dalam saluran got, sistem air, sungai dan pada akhirnya berakhir di laut.

Untuk Indonesia sendiri, berdasarkan data konsumsi sebanyak 240 milyar rokok, maka puntung rokok yang dihasilkan setiap tahunnya adalah sebanyak 48 kolam renang.

Mari kita bersama-sama menciptakan lingkungan yang bebas dari asap rokok sehingga tidak ada puntung rokok yang terdaur dan dunia bisa menjadi tempat yang lebih indah untuk kita, anak, dan cucu kita kelak.

[sumber: akuinginhijau.org]
Indahnya Berbagi






Artikel Terkait



2 komentar:

cara meninggikan badan on July 28, 2011 at 11:55 PM said... [Reply]

mengerikan...pastinya rokok adalah racun

samsul on August 14, 2012 at 1:26 PM said... [Reply]

serem gan

Post a Comment

yth. pengunjung Blog Bisnis Online. Untuk Menjalin Silaturahmi, Setelah membaca mohon berkenan memberikan komentar disini atau sekedar ucapan terimakasih saja. 1 komentar maka 2 link untuk anda.

Chat Room

Ilpeng.com Lovers

 

BISNIS ONLINE | BLOG BISNIS ONLINE. Blog ini Copyright 2009 Knowledge Sharing by Sandhioke Converted into Blogger Template