Monday, November 23, 2009

TUTORIAL KOMPUTER | Tips sukses implementasi TI





Menyambung tulisan cak sandhi sebelumnya "implementasi TI, wujud manajemen perubahan" . Bagaimana agar implementasi TI tidak menemukan kegagalan, perhatikan hal-hal mendasar berikut :

1. Struktur dan peran tata kelola TI
Pastikan kapasitas kepemimpinan yang memadai, dan hubungan antar satuan kerja yang sinergis dalam perencanaan, penganggaran, realisasi, operasi, dan evaluasi implementasi sistem TI di pemerintahan. Deskripsi peran yang dimaksud di sini adalah peran-peran yang mempunyai kaitan langsung dengan mekanisme tata kelola TI.

2. Kebijakan Umum dan peran tata kelola TI
Buat berbagai pernyataan/tata aturan internal dan eksternal organisasi/perusahan yang akan menjadi arahan dan batasan bagi setiap proses tata kelola TI. Kebijakan ini berlaku untuk seluruh proses.

3. Perhatikan Proses Tata Kelola
Meliputi ;
a. Perencanaan Sistem; perhatikan proses penetapan visi, arsitektur TI dalam hubungannya dengan kebutuhan organisasi dan rencana realisasi atas implementasi visi dan arsitektur TI tersebut. Rencana TI yang telah disusun akan menjadi referensi bersama bagi seluruh satuan kerja dalam sebuah institusi atau referensi bersama beberapa institusi yang ingin mensinergiskan inisiatif TI-nya.
b. Manajemen Belanja/Investasi TI; perhatikan proses pengelolaan anggaran untuk keperluan belanja/investasi TI, sesuai dengan mekanisme proyek inisiatif TI yang telah ditetapkan sebelumnya dalam Portofolio Proyek Inisiatif TI dan Roadmap Implementasi. Realisasi belanja/investasi ini dilakukan melalui mekanisme penganggaran tahunan
c. Realisasi sistem TI; perhatikan proses yang ditujukan untuk mengimplementasikan perencanaan TI, mulai dari pemilihan sistem TI sampai dengan evaluasi pasca implementasi.
d. Operasi system; perhatikan proses penyampaian layanan TI sebagai bagian dari dukungannya kepada proses bisnis manajemen kepada pihak-pihak yang membutuhkan sesuai spesifikasi minimal yang telah ditentukan sebelumnya.
e. Pemeliharaan system; pastikan bahwa seluruh sumber daya TI dapat berfungsi sebagaimana mestinya dalam durasi waktu siklus hidup yang seharusnya, dalam rangka mendukung operasi sistem secara optimal

4. Monitoring dan Evaluasi
Dan siklus akhir ini, pastikan adanya perbaikan berkesinambungan (continuous improvement), mekanisme monitoring dan evaluasi akan memberikan umpan balik atas seluruh proses tata kelola TI.


Artikel Terkait



0 komentar:

Post a Comment

yth. pengunjung Blog Bisnis Online. Untuk Menjalin Silaturahmi, Setelah membaca mohon berkenan memberikan komentar disini atau sekedar ucapan terimakasih saja. 1 komentar maka 2 link untuk anda.

Chat Room

Ilpeng.com Lovers

 

BISNIS ONLINE | BLOG BISNIS ONLINE. Blog ini Copyright 2009 Knowledge Sharing by Sandhioke Converted into Blogger Template