Monday, February 21, 2011

BISNIS ONLINE | 25 Syarat Memilih Hosting Murah dan Berkualitas untuk Meningkatkan nilai Bisnis Blog Atau Websites anda


Hosting Murah Dan Berkualitas?, Jelas ini mau kita semua..

Sesaat lagi saya akan berbagi pengalaman dalam mencari hosting murah dan berkualitas untuk meningkatkan popularitas blog atau websites anda yang pada akhirnya akan meningkatkan penghasilan online anda. Semua berdasarkan pengalaman saya mengelola lebih dari 5 websites/ blog dan beberapa diantaranay sudah cukup produktif. Tapi tunggu dulu.., bukankah terlihat aneh membaca judul seperti di atas. Mana mungkin ada produk yang murah tapi berkualitas. Yang ada, murah pasti identik dengan yang tidak berkualitas. Dan yang berkualitas pasti berbanding lurus dengan harga tidak murah. Dan ini berlaku pula dalam dunia hosting. Lalu bagaimana solusinya? Lanjutkan membacanya..

Pada artikel sebelumnya saya pernah menginfokan pada sobat semua, bahwa konten blog dan websites dapat dibedakan berdasarkan ide bisnisnya.. selengkapnya klik disini. Intinya, apapun blog atau websites anda pasti ada ide bisnisnya, apakah sekedar iseng, hanya ingin berbagi, atau hanya ingin mendokumentasikan kegiatan sehari-hari (diary online), atau benar-benar ingin menjadikan blog/websites sebagai ladang penghasilan baik penghasilan utama (full pebisnis online) atau hanya penghasilan sampingan. Tapi apapun ide bisnisnya, untuk mendongkrak nilai bisnis blog atau web anda, maka jangan lagi anda bergantung pada domain atau hosting gratisan, akan terlihat tidak professional di mata pembaca blog atau web sites anda.. dan dapat dipastikan akan mengurangi nilai bisnis anda. Jadi tidak ada pilihan lain untuk anda selain anda harus sewa domain dan hosting terbaik untuk mendongkrak nilai bisnis anda.

“Tingkatkan Popularitas blog atau websites anda dengan tidak menggunakan domain atau hosting gratisan, tapi gunakan domain dan hosting terbaik. Idwebhost.com Trend Hosting Indonesia Idwebhost.com Trend Hosting Indonesia.

Mungkin sebagian dari anda akan berkata “ngga juga, ada juga kok blog/web dengan domain dan hosting gratisan tapi popular”, ups sebentar dulu, popular jangan diidentikkan dengan tingginya nilai bisnis suatu blog/web tersebut. Mungkin memang ada yang seperti itu, tapi saya berani jamin jika ada pun 1000 banding 1, kebanyakan blog/web popular dan memiliki nilai bisnis tinggi menggunakan domain dan hosting berbayar. Jadi tunggu apa lagi segera alihkan blog/web anda menggunakan domain dan hosting berbayar, lagipula banyak kok domain dan hosting murah. Pertanyaannya adalah mau yang murah atau berkualitas? Nah, mungkin banyak orang akan menjawab salah satunya, kalau nggak murah ya berkualitas. Tapi saya tidak, kalau saya jelas mau yang murah dong tapi tetep berkualitas, hehehe.. gimana caranya?

Nah untuk mendapatkan domain dan hosting yang murah dan berkualitas, ikuti 3 langkah sederhana berikut ini:

Langkah 1 : Uji 25 syarat hosting murah dan berkualitas

Sejujurnya tidak lah mudah menetapkan persyaratan hosting murah dan berkualitas, perlu mempelajari berbagai referensi dan berbagai pengalaman. Namun demikian, agar anda tidak kesulitan dan salah jalan cukup gunakan checklist yang biasa saya gunakan untuk memilih hosting. Yup! saya punya jurus sakti untuk memilih hosting yang murah dan berkualitas, sebut saja “25 syarat hosting murah dan berkualitas” atau "25 alasan memilih hosting murah dan berkualitas". Wuih banyak banget syaratnya? Ya iyalah kalau mau dapat yang bagus ya harus selektif dan detail, jadi jangan asal-asalan.


Jurus sakti ini telah saya buktikan sendiri untuk 5 websites yang saya kembangkan. Logika sederhananya adalah jika ada perusahaan hosting yang memenuhi 25 syarat tersebut, maka dapat dipastikan sebagai hosting murah dan berkualitas.. Ayo kita buktikan bersama, Trend Hosting Indonesia memenuhi 25 syarat yang saya ajukan:


No
Syarat
Fakta Dahsyat Idwebhost.com
1
Perusahaan terpercaya dan profesional (memiliki kantor dan kinerja profesional)

Tidak semua perusahaan hosting memiliki kantor fisik, jadi anda harus bisa memastikan lokasi kantornya secara jelas. Kemudian pastikan pula apakah kantor tersebut memberikan layanan bagi user yang ingin datang bertanya. Tentu ini adalah nilai lebih tersendiri. 

Kemudian dari segi profesionalitas, lihat history perusahaannya apakah telah lama malang melintang di dunia hosting dan domain, jika benar pastinya  mereka memiliki banyak pakar web server di sana dan sudah dipastikan merupakan webhosting yang tangguh.

2
Harga (Variasi harga, transparasi harga)
Pasti Harga domain dan hosting yang anda incar  yang paling murah dari semua perusahaan hosting di Indonesia. Jadi jangan segan untuk membandingkan dengan beberapa perusahaan hosting lainnya. 
Untuk variasi harga pastikan juga transparan, jangan-jangan murah didepan tapi belakangnya banyak tuntutan biaya lain-lain. 

3
Fasilitas dan fitur
fitur-fitur terbaru, update software terbaru, update security issue, meningkatkan keamanan, kenyamanan dan ketajaman server hosting-nya pastikan tersedia.

Dan yang terpenting, Server web hosting harus support teknologi WAP/WML, Frontpage, CGI/Perl/, PHP, SSL, SSI, MySQL, cURL, Pre Installed Script dan masih banyak lagi. Semua harus kita dapatkan dengan gratis/ free untuk setiap pembelian paket hosting, dan semua itu dapat digunakan secara unllimited.

4
Pelayanan Terbaik
Untuk membuktikan kualitas pelayanan perusahaan hosting yang anda tuju, sebelum menjadi customer cobalah  bertanya-tanya panjang lebar ngalor-ngidul, kalau perlu pancing emosi customer servis, terutama tentang script pemrograman karena terlebih lagi jika anda nggak ngerti script pemrograman (tapi pingin banget bikin website). Pastikan tingkat kesabaran mereka dalam menjawab menjawab pertanyaan jahil anda memuaskan atau tidak? 

Pastikan dukungan teknis yang diberikan oleh perusahaan hosting yang anda incar hingga menyentuh aspek script pemrograman, semua customer service dan teknisinya mampu melakukannya dengan baik atau tidak? Ngga ada salahnya anda coba yang trial, dapat layanan servis atau tidak jika menggunakan trial.

5
Responsive Trouble Shouting dan tetap mengutamakan kepuasan pelanggan
Ini pengalaman paling menarik yang ingin saya sharing untuk sobat semua. Suatu ketika pernah websites saya rahasiaskripsi.com tidak bisa kami akses kurang lebih 2 hari. Pada hari pertama, malam harinya saya chat dengan customer service perusahaan hosting dan marah2 lah, sebab tidak ada pemberitahuan. Namun betapa malunya, ternyata sore harinya jam 16.39 sebenarnya sudah ada pemberitahuan terlebih dahulu melalui email saya bahwa ada kerusakan hardware pada server paris yang menyebabkan beberapa website di dalamnya tidak bisa di akses.

Kemudian perusahaan hosting tersebut   menjanjikan akan ada perpindahan server dan butuh waktu propagasi 6-24 jam. Oke lah saya percaya, tapi ternyata sampai hari ke-2 belum beres juga. Komplain-komplain terus saya arahkan pada customer service, namun mereka tetap menjawab dengan tenang dan ramah. Sudah terbersit dalam benak saya untuk pindah hosting ketika itu..

Namun pada hari ketiga, akhirnya ada pemberitahuan bahwa perpindahan selesai dan website bisa diakses kembali. Dan yang mengejutkan sebagai gantinya, perusahaan hosting yang saya gunakan memberikan perpanjangan domain dan hosting gratis 1 bulan. Yah lumayanlah.. paling tidak ini adalah sebagai bentuk pertanggungjawaban perusahaan hosting tersebut. Hikmah yang saya tangkap atas peristiwa ini adalah selain respon yang cepat terhadap masalah, perusahaan hosting tetap mengutamakan kepuasan pelanggannya ketika terjadi masalah.

6
Lokasi server
Server adalah hal teknis paling utama dalam dunia Hosting. Pastikan perusahaan hosting anda mempunyai beberapa server di dalam dan di luar negeri yang bisa dipilih sesuai keinginan.
Jika target pengunjung blog/websites anda adalah dari indonesia maka akan lebih baik apabila lokasi server web anda ada di indonesia dan sebaliknya apabila target pengunjung web anda dari luar negeri, pilih lokasi server di usa atau negara lainnya.

7
Keamanan dan kualitas server
Pastikan teknologi yang digunakan  terkini dan tercanggih, serta meletakkan server di datacenter  untuk memenuhi kebutuhan stabilitas dan kecepatan akses pelanggan. Spesifikasi hardware terbaik atau tidak dibandingkan dengan lainnya.

Teknologi software yang digunakan juga harus selalu update, sehingga kita bisa mendapatkan fitur yang terbaru dan tercanggih. Spesifikasi server dengan UPTIME Server yang minimal harus mendekati 100%.

8
Kepemilikan dan pengaturan domain dan hosting

Selama menggunakan jasa layanan perusahaan hosting untuk blog atau websites yang anda buat, pastikan sepenuhnya anda bisa mengatur domain dan hosting anda sendiri. yaitu untuk mengakses control panel domain yang berfungsi untuk mengatur domain secara administratif (whois info) dan teknis (pengaturan name server).

Maka jika suatu saat anda ingin memindahkan hosting, melakukan pengaturan name server dan perpindahan kepemilikan domain atau transfer ke registrar domain lain, tidak perlu bergantung pada perusahaan hosting lagi. Tapi jika kesulitan pastikan cs nya tetap bersedia membantu. Pastikan pula tersedia layanan email yang memungkinkan anda memiliki email dengan nama domain sendiri seperti support@konsultasi-skripsi.com..dwebhost Trend Hosting Indonesia. Hosting terbaik.
9
Dikelola oleh teknisi yang berpengalaman
Pastikan customer service memiliki pengalaman trouble shouting dari yang sulit sampai simpel. Jadi tidak perlu sampai ke teknisinya.

10
Jaminan kualitas, kecepatan Loading secara internasional
Uji kualitas dan kecepatan loading dari websites yang menggunakan layanan perusahaan hosting yang anda incar gunakan free tools untuk mengukur kecepatan web di sini google test speed atau di sini webpagetest

11
OS Server
Pastikan ada pilihan OS yang digunakan linux atau windows. Sistem operasi yang saya pilih untuk digunakan adalah linux. Dengan menggunakan Linux dalam pengembangan web maka akan memberikan fleksibilitas dalam menggunakan sistem operasi yang gratis seperti PHP, MYSql, Python, XML.
Web Hosting Linux adalah solusi hosting yang lebih mudah dan bisa diandalkan, dan karena Linux adalah perangkat lunak yang dapat digunakan secara open source, menjadikannya solusi Hosting yang lebih murah juga.

12
Server milik sendiri dan bukan reseller hosting
Pastikan server web adalah milik sendiri dan bukan reseller dan pastikan ada berapa server aktif yang digunakan.

13
Fasilitas Hosting yang lengkap
Intinya jika anda seorang webmaster yang ingin mengembangkan websites, pastikan semua kebutuhan anda sampai websites anda dilaunching ada di perusahaan hosting tersebut bahkan hingga optimasi SEO.

14
Cek kehandalan layanan dengan menggunakan http://host-tracker.com
Saya coba menggunakan http://host-tracker.com untuk menguji kehandalan layanan perusahaan hosting pada beberapa websites yang saya kembangkan seperti rahasiaskripsi.com dan konsultasi-skripsi.com, Testingnya harus dilakukan berkali-kali dan periodik untuk melihat hasilnya. Atau anda gunakan yang premium.

15
Informasi besarnya space dan Bandwith transparan
Pastikan perusahaan hosting yang anda incar secara transparan memaparkan harga dan layanan yang diberikan baik space dan bandwith yang didapat oleh customernya.

16
Aktif dalam memberikan Promo-promo
Saran saya jika kebutuhan anda tidak mendesak sebaiknya untuk sewa domain atau hosting tunggu kalau ada promo saja, maka carilah perusahaan hosting yang menyediakan promo-promo.

17
Memiliki forum diskusi aktif baik member atau non-member
Salah satu bagian penting yang menurut saya penting adalah adanya forum aktif untuk diskusi tentang domain dan hosting atau seputar pembuatan websites. Forum tidak hanya berisi member dan non-member namun juga dari pihak perusahaan hosting. Sangat cocok untuk anda yang newbie dalam dunia domain, hosting, blogging atau websites. 

18
Memiliki Blog Tutorial baik berupa artikel maupun video
Pastikan memiliki blog tutorial selain berisi artikel tutorial juga berisi video tutorial untuk membantu kita dalam mengeloa websites.

19
Ada Demo dan Trial Gratis!
Pastikan juga ada aplikasi demo-nya jika anda ingin mencoba sebelum memutuskan order. Idwebhost Trend Hosting Indonesia.
20
Memiliki standar operasional dan prosedur kerja
Pastikan mereka punya standar operasional dan prosedur kerja untuk menangani permasalahan pelanggan. Ini merupakan kelebihan tersendiri buat saya, lebih terlihat profesional. Silakan anda lakukan test sendiri seperti yang saya lakukan.
Idwebhost Trend Hosting Indonesia.
21
Testimoni berjibun
Testimoni merupakan salah satu bukti kualitas idwebhost.com. Untuk melihat berbagai testimony silakan cek ada kolo testimoni ga.  Idwebhost Trend Hosting Indonesia.
22
Support SEO
Anda tentu butuh promosi besar-besaran untuk mempopulerkan blog/web anda. Teknik yang paling popular yaitu menggunakan teknik Search Engine Optimasion (SEO), ad submission, search engine submission terbaru dan tercanggih untuk mendatangkan ribuan traffic ke website Anda. SEO tentu bukanlah suatu perkara yang mudah. Sebab untuk melakukan optimasi SEO anda membutuhkan kemampuan khusus.

Pastikan perusahaan hosting anda memberikan kemudahan untuk memberikan layanan optimasi SEO yang disediakan. 

23
Membuka kesempatan bisnis waralaba/franchise 
Syukur-syukur jika ada penawaran bisnis waralaba atau reseller jadi anda memiliki peluang untuk mempromosikan ke orang lain dan anda mendapatkan bonusnya.

24
Tersedia media dan sarana komunikasi yang mudah di akses
Tersedia berbagai kemudahan komunikasi antara pelanggan dengan customer service (online 24/7), yaitu melalui Email, Online chatting, Telepon, SMS, serta Pelayanan di kantornya.
a.
25
Tersedia GARANSI UANG KEMBALI.
Pastikan perusahaan hosting anda berani memberikan garansi 30 hari uang kembali jika pelanggan tidak puas.
Idwebhost Trend Hosting Indonesia.

Bagaimana? apakah perusahaan hosting yang anda pilih telah menyediakan lengkap kebutuhan sobat. Apapun kebutuhan kita sebagai web master atau blogger baik ahli maupun pemula, semua harus tersedia, dan yang lebih dahsyat lagi ga perlu jago script pemrograman kita harus bisa dibantu hingga websites kita diluncurkan asalkan kita mau bertanya dan belajar.

Oke kita masuk langkah kedua..

Langkah 2: Uji beberapa hosting lain yang memenuhi  syarat

Jangan hanya menguji satu perusahaan hosting, bandingkan beberapa perusahaan hosting lainnya.


Langkah 3: Lakukan Order dengan cara yang sangat mudah

Jika sudah mantap dengan pilihan perusahaan hosting anda, langkah terakhir kita tinggal order, cara order yang mudah juga merupakan salah satu persyaratan. Termasuk juga kemudahan kita dalam melakukan pembayaran misalnya selain bisa menggunakan rekekning beberapa Bank juga bisa menggunakan E-Gold dan PayPal, meskipun saya belum pernah coba sih.

Sekian, pasti bermanfaat dan aplikasikan.

Artikel Terkait



48 komentar:

Komodo Island is the NEW 7 Wonders of The World on February 22, 2011 at 9:13 PM said... [Reply]

Perusahaan hosting di Indonesia yang cukup mumpuni dan top memang adalah IDwebhost.com.

IDwebhost.com Trend Hosting Indonesia on February 22, 2011 at 9:14 PM said... [Reply]

Jangan lupa komentar juga ya kapten, di artikel review saya. Terima kasih banyak dan sukses selalu.

download game gratis on February 23, 2011 at 12:23 AM said... [Reply]

salam kenal gan. sy kebetulan ikut juga ;)

Rizkyzone on February 24, 2011 at 12:27 PM said... [Reply]

untuk domain mungkin sebentar lagi saya akan ganti pakai domain pribadi, tp kalau hosting saya tetap menggunakan mesin blogspot saja

Prapatan Kertek on February 28, 2011 at 10:03 PM said... [Reply]

Info yg sangat menarik,selama ini saya hanya menggungkan fasilitas gratisan maklum masih sebatas hobi..ke depan mungkin ada rencana untuk mulai bisnis online..!!
Yang jelas terima kasih atas informasi ini..!!

Catering Jakarta on March 1, 2011 at 6:38 AM said... [Reply]

ada paket unlimited gak? unlimited domain, unlimited capacity..

Baju Online on March 1, 2011 at 9:20 AM said... [Reply]

Sob, kunjungan balik ya...infonya penting nih buat saya yang harus punya hosting mumpuni biar web tetep bisa buat jualan

Kian Coy on March 4, 2011 at 4:31 PM said... [Reply]

menarik sob infonya..!!!

phipien on March 4, 2011 at 11:28 PM said... [Reply]

saat ini masih pake yg gratisan aja nihh....

pengobatan alternatif kanker on March 8, 2011 at 6:30 AM said... [Reply]

terimakasih infonya.. sangat bermanfaat bagi pemula seperti saya.

belajar seo blogspot on March 13, 2011 at 7:40 PM said... [Reply]

sepertinya saya harus mencoba ynag satu ini nich :) melihat beberapa keunggulan yang sudah dipaparkan tadi, thx.. :)

Nama Cantik on March 21, 2011 at 1:40 PM said... [Reply]

salam kenal .
makasih buat infonya .
sukses yaa .

BISNIS ONLINE | BLOG BISNIS ONLINE on March 25, 2011 at 1:28 PM said... [Reply]

@IDwebhost.com Trend Hosting Indonesia saya sudah komentar tuh ndan..

BLOG BISNIS ONLINE | BLOG BISNIS ONLINE on March 25, 2011 at 1:30 PM said... [Reply]

@Komodo Island is the NEW 7 Wonders of The World Betul, sejauh ini sih begitu, mudah-mudahan konsiten terhadap peningkatan kualitas khususnya kualitas layanan kalau ga mau tergerus oleh penyedia hosting lainnya yang mulai banyak bermunculan

BLOG BISNIS ONLINE | BLOG BISNIS ONLINE on March 25, 2011 at 1:31 PM said... [Reply]

@download game gratis Mudah-mudahan kita beruntung ndan..

BLOG BISNIS ONLINE | BLOG BISNIS ONLINE on March 25, 2011 at 1:33 PM said... [Reply]

@Rizky2009 yup, blog ini juga demikian mas domain dari idwebhost dan hosting tetep blogspot

BLOG BISNIS ONLINE | BLOG BISNIS ONLINE on March 25, 2011 at 1:35 PM said... [Reply]

@Prapatan Kertek semoga sukses rencana bisnis onlinenya..

BLOG BISNIS ONLINE | BLOG BISNIS ONLINE on March 25, 2011 at 1:37 PM said... [Reply]

@Catering Jakartapaket unlimited ada cek ajah d websitenya

BLOG BISNIS ONLINE | BLOG BISNIS ONLINE on March 25, 2011 at 1:38 PM said... [Reply]

@Baju Online Oke bisa jadi pertimbangan deh. Cek TKP neh..

Air Freshener on April 14, 2011 at 1:21 PM said... [Reply]

salam kenal .
nice share .

obat nyeri haid on April 19, 2011 at 9:43 AM said... [Reply]

keren juga nih gan informasinya , sangat bermanfaat sekali gan salam kenalk aja gan

obat herbal luka diabetes on May 1, 2011 at 5:21 PM said... [Reply]

info yang keren dan menarik sangat bermanfaat sekali,,makasih dan sukses slalu,,,

xamthone obat herbal segala penyakit on May 1, 2011 at 5:59 PM said... [Reply]

great info,,thanks for share

obat penyakit gondok on May 9, 2011 at 11:02 AM said... [Reply]

mantap sekali nih informasinya , aku jadi tertarik gan , makasih banyak buat infonya

obat asma on May 11, 2011 at 11:24 AM said... [Reply]

informasi menarik sekali nih, ane langsung ngacir ke tkp gan

Anonymous said... [Reply]

idwebhost hostingan tai

Nicks on July 29, 2011 at 3:43 PM said... [Reply]

Domain dan hosting gratis ya pasti ada side effect nya.. kalau sudah serius atau sudah punya modal memang lebih baik pake domain dan hosting berbayar, tapi yang ok punya ^^

obat penyakit darah tinggi on August 13, 2011 at 1:51 PM said... [Reply]

ya memang yang kita kejar domain yang harganya murah v berkualitas,, v temen saya tertipu mas beli domain murah kualitasnya juga murahan.. susah banget mencari domain yang hagranya murah dah kualitasnya bagus

Obat Herbal Untuk Kanker Usus on December 20, 2011 at 12:31 PM said... [Reply]

salam kenal sob.
info yang bagus

tutorial komputer on January 22, 2012 at 1:56 PM said... [Reply]

aku juga pake idwebhost. pelayanannya sangat memuaskan

pideksa99 on March 13, 2012 at 9:57 PM said... [Reply]

sippp membantu sekali postinganya.. tapi kalo mau ganti hostingan gimana caranya ya ???

Obat Infeksi saluran Kencing Tradisional on March 14, 2012 at 9:17 AM said... [Reply]

saya terkadang kecewa dengan hoting indonesia yang selalu bermasalah !!!

1iklanbaris.info on May 20, 2012 at 6:17 PM said... [Reply]

ini info nya keren..
ijin nyimak dulu..

Obat Herbal Untuk Kanker Darah on May 22, 2012 at 7:57 AM said... [Reply]

Tips yang benar bermanfaat untuk kalangan awam ataupun yang sudah lama profesional. Mantap!

Indovisual on May 29, 2012 at 4:41 PM said... [Reply]

nice infonya, makasih gan...

gatot on May 30, 2012 at 10:27 PM said... [Reply]

Ini ni yg saya cari, tengkyu bro infonya .

Agen XAMthone Plus Jakarta pusat on July 1, 2012 at 11:14 PM said... [Reply]

kalau saya masih terbentur harga.

obat herbal HIV / AIDS on July 11, 2012 at 10:41 PM said... [Reply]

informasi yang sangat bermanfaat sekali.

Obat alami Darah Tinggi on August 8, 2012 at 3:12 PM said... [Reply]

Trimakasih infonya :):)

Obat alami diabetes on August 8, 2012 at 3:14 PM said... [Reply]

Trimakasih infonya :):)

samsul on August 11, 2012 at 9:57 AM said... [Reply]

penting juga nih

samsul on August 13, 2012 at 8:43 AM said... [Reply]

sukses gan

OBAT HERBAL KANKER HATI on September 17, 2012 at 1:04 AM said... [Reply]

Ini sangat membantu sekali, terima kasih.

vimax asli on November 22, 2013 at 9:06 AM said... [Reply]

terimakasih infonya,

Company Profile on December 2, 2013 at 1:06 PM said... [Reply]

makasih infonya gan.. :)

obat pelangsing cepat on December 4, 2013 at 2:19 PM said... [Reply]

memang yang bayar cepat naik rating,tapi grtisanpun kalau pakai ilmunya tetap oke lho

Template Booklet Company Profile on December 10, 2013 at 11:03 AM said... [Reply]

waaa keren :)) makasih buat info nya

rief on December 12, 2013 at 10:15 AM said... [Reply]

Menarik sekali.....murah boleh asal jangan murahan kan.....thank untuk wawasan barunya.....

Post a Comment

yth. pengunjung Blog Bisnis Online. Untuk Menjalin Silaturahmi, Setelah membaca mohon berkenan memberikan komentar disini atau sekedar ucapan terimakasih saja. 1 komentar maka 2 link untuk anda.

Chat Room

Ilpeng.com Lovers

 

BISNIS ONLINE | BLOG BISNIS ONLINE. Blog ini Copyright 2009 Knowledge Sharing by Sandhioke Converted into Blogger Template